Uncategorized

Catatan Pikir #4: Cermin

Seringkali kita sibuk berusaha mengoreksi hidup orang lain, mengomentari kekurangannya, dan tidak pernah puas akan pencapaiannya. Kita merasa paling berhak menjadi hakim atas hidup orang lain. Akibatnya, hidup menjadi tidak tenang. Kita kehilangan kebahagiaan, selalu merasa resah, dan tidak pernah peduli dengan keadaan orang lain.

Kita sering menuntut orang lain untuk berubah, tanpa sadar bahwa yang harusnya berubah pertama kali adalah diri sendiri. Sibuk menunjuk orang lain, tapi tidak melihat bahwa tiga jari lain arahnya ke kita sendiri.

Kita memerlukan sebuah cermin besar yang bisa merefleksikan seluruh tubuh tanpa ada hal yang ditutupi. Sebuah cermin yang menampakkan seluruh kekurangan diri, sehingga kita sibuk memperbaiki diri menutupi kekurangan tersebut, dan melupakan mencari-cari aib orang lain.

Di manakah cermin itu berada? Cermin itu adalah hati kita sendiri, yang mau terbuka dan jujur memandang diri sendiri, dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Hati yang tidak keras membatu, tapi lembut dan bersedia menerima kebenaran. Apa yang lebih menyedihkan dari hati yang membatu dan menolak kebenaran?

Jika kita tidak menemukan cermin itu, jangan-jangan memang sengaja kita tutupi, karena tidak mau dan tidak siap menerima kekurangan diri sendiri. Cermin itu kita tutupi dengan tirai ego yang besar, hingga menutupi hati itu sendiri, membuatnya sempit dan tertutup.

One thought on “Catatan Pikir #4: Cermin

  1. Duh merasa tertamvar nih baca tulisan kakak, benar banget kita dengan mudah melihat kekurangan/kesalahan orang lain tapi lupa bahwa mungkin saja diri kita juga sama bahkan jauh lebih buruk dari apa yang kita lihat dari orang lain ;(

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s