Humaniora

Termasuk TIpe Apakah Anda, Tahu, Batu, Kentang, Telur, atau Kopi?

 

Suatu kali aku pernah membaca semacam artikel motivasi tentang tipe-tipe orang dalam menghadapi tekanan. Mungkin kalian juga pernah membaca tentang itu.

Menurut artikel tersebut, ada tiga tipe orang dilihat dari reaksi mereka menghadapi tekanan. Ketiga tipe tersebut adalah tipe Telur, Kentang, dan Kopi. Namun, saat ngobrol dengan beberapa kawan, mereka menambahkan dua tipe lagi, Tahu dan Batu.

Jika tekanan hidup, kesulitan, tantangan kita ibaratkan dengan air yang panas mendidih, maka kelima benda di atas menunjukkan reaksi mereka menghadapinya.

TAHU

Tahu adalah makanan/benda yang lunak dan gampang hancur. Saat direbus dalam air mendidih, tahu tetap akan lunak, tidak mengalami perubahan sifat sama sekali.

Orang dengan tipe ini, sebelum menghadapi tekanan hidup, kesulitan, ia sangat rapuh dan mudah hancur. Setelah mendapatkan kesulitan, tantangan, dan cobaan, ia tetap lemah. Orang-orang dengan tipe ini tidak bisa kuat menghadapi kesulitan. Ia gampang sekali menyerah pada keadaan.

BATU

Pernah merebus batu? Selama apa pun kamu merebus batu, sifatnya yang keras tetap tidak akan berubah.

Orang dengan tipe batu dari awal sudah keras, sulit menerima saran, keras kepala. Kesulitan dan tantangan sama sekali tidak mengubahnya. Ia tetap keras, hampir pasti menolak semua kritik, saran, ide yang disampaikan.

KENTANG

Pada awalnya, kentang mentah itu keras. Untuk membelahnya, kita butuh alat, misalnya pisau. Akan tetapi, setelah direbus, kentang menjadi lunak dan lembut. Ditekan dengan tangan saja bisa membuatnya hancur.

Tipe ini pada awalnya keras kepala, terlihat tangguh. Tetapi setelah mengalami tekanan, ia malah menjadi lemah. Kesulitan hidup malah membuatnya mudah hancur dan menyerah.

TELUR

Pecahkan kulit telur, keluarkan isinya, maka kamu akan mendapatkan cairan kental. Telur yang direbus akan membuat cairan itu mengental lalu mengeras.

Orang bertipe ini awalnya terlihat rapuh, lemah dan mudah menyerah. Tantangan dan hambatan yang dihadapinya menjadikannya sosok yang keras membatu.

KOPI

Pernahkah merebus atau menyeduh kopi dengan air panas? Apa yang terjadi? Kamu akan mendapatkan aroma kopi yang wangi, lalu minuman lezat yang membuat kita lebih berenergi.

Orang bertipe kopi, kesulitan hidup, tantangan, dan hambatan akan membuatnya mengeluarkan semua potensi terbaik yang tersimpan dalam dirinya. Ia sama sekali tak menyerah, hancur atau menjadi keras terhadap orang lain. Semua kebaikan dalam dirinya muncul, memberikan manfaat tidak hanya untuk dirinya, tapi juga orang lain.

Orang bertipe kopi adalah orang yang terus belajar dari kesulitan, tantangan dan hambatan yang mereka alami. Mereka akan terus bertumbuh dalam segala situasi.

Termasuk tipe manakah Anda?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s