Humaniora

Three Magic Words

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata Magic Words? Apakah Anda memikirkan mantra-mantra ajaib untuk mengubah sesuatu, menghilangkan barang, atau membuat Anda melayang? Maksud magic words atau kata ajaib di sini bukanlah seperti itu. Maksudku dengan kata ajaib adalah kata sederhana yang akan memperbaiki cara Anda berhubungan dengan orang lain.

Apa sih Three Magic Words itu? Please, Thanks, dan Sorry.

PLEASE (TOLONG)

Anda pasti pernah menyuruh orang lain melakukan sesuatu untuk Anda, entah itu di rumah, kantor atau lingkungan tempat tinggal. Apakah Anda akan mengeluarkan kalimat perintah saja? “Naikkan barangnya ke lantai dua.” Apalagi jika Anda lebih tua, seorang atasan, atau sebaya, jarang sekali menggunakan kata “Tolong”.

Biasakan memakai kata “Tolong” setiap kali Anda meminta seseorang melakukan sesuatu. Bahkan jika orang tersebut secara posisi atau usia ada di bawah Anda. Hal itu akan membuat dia merasa dihargai. Setiap orang senang merasa dihargai.

“Rudi, tolong ambilkan saya berkas-berkas bulan lalu,” akan lebih enak didengar daripada “Rudi, ambilkan berkas-berkas bulan lalu.” Kesan yang ditimbulkan kalimat pertama jauh lebih lembut dan menyenangkan daripada kalimat kedua.

Bahkan kepada Anak kita, gunakan kata-kata tolong. “Michael, tolong papa benerin genteng yuk.” Anak adalah peniru yang sempurna. Mereka cepat meniru hal-hal yang dilakukan orangtuanya. Menggunakan kata tolong bahkan kepada mereka akan mengajarkannya kerendahan hati serta kelembutan kepada orang lain.

THANKS (TERIMA KASIH)

Setelah seseorang melaksanakan perintah, atau membantu Anda, jangan lupa ucapkan terima kasih. Bahkan ketika itu sudah merupakan tugasnya. Tidak ada salahnya mengucapkan terima kasih kepada OB kantor yang membersihkan ruangan Anda. Mengucapkan terima kasih setelah ia membuatkan Anda teh hangat di pagi hari tidak akan menurunkan martabat Anda. Orang-orang bahkan akan lebih menghormati Anda.

Sekali-kali, ucapkan terima kasih kepada orang-orang tersayang Anda. Ucapkan terima kasih out of nowhere, suddenly. Sampaikan rasa syukur Anda karena mereka telah mejadi bagian hidup Anda. Mereka telah memberikan warna, cerita, dan bahkan membentuk hidup Anda seperti sekarang ini. Orang-orang terdekat Andalah yang memengaruhi diri Anda.

SORRY (MAAF)

Jangan malu meminta maaf terlebih dahulu. Meminta maaf terlebih dahulu akan menyelesaikan konflik lebih cepat. Tidak akan merendahkan diri jika Anda mengakui kesalahan dengan berbesar hati. Memberikan maaf memang terkadang sulit, meminta maaf jauh lebih sulit. Terkadang ego membuat kita begitu sulit meminta maaf kepada orang lain.

Bahkan untuk kesalahan kecil, seperti menyenggol seseorang ketika berpapasan, tak sengaja membentur orang lain di angkutan umum atau keramaian, ucapkanlah maaf terlebih dahulu. Meminta maaf akan melembutkan hati Anda.

 

Kata-kata ajaib ini jika Anda terapkan secara terus menerus dalam pergaulan dengan orang lain akan membuat mereka jauh lebih menghargai Anda dan hubungan Anda dengannya. Melakukan tiga hal itu tidak akan merendahkan diri Anda, malah menaikkan harkat martabat Anda di mata orang lain.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s